Undangan Pernikahan Online, 6T Banget Dah!

Salah satu item yang membuat pusing orang yang mau nikah adalah undangan pernikahan. Mulai dari jumlah undangan yang akan dipesan, desain, mau pesan dimana, berapa lama proses pembuatannya, budget, dan terakhir membagikan undangan yang jumlahnya banyak.

Itu baru satu item lho, padahal orang mau menikah banyak yang harus disiapkan. Pengalaman saya tahun kemarin saat diserahi tugas untuk mengurusi undangan pernikahan adik adalah tidak sederhana. Huhuhu, banyak printilannya (hal kecil) yang kadang bikin ribet.

paperlesslogo.com
paperlesslogo.com

Waktu itu adik saya, sudah punya desain sendiri. Sepertinya mudah, tinggal bawa ke tukang undangan dan dicetak. Namun ternyata, karena desain itu baru berupa gambar digital maka tidak sesederhana itu prosesnya. Saya harus memilih, jenis kertas apa yang mau digunakan, kertas dove, jasmin, atau hard cover. Wakaka, secara saya dan adik saya tinggal terpisah jarak, maka saya harus mengirim sms tentang masing-masing jenis kertas, spesifikasinya dan juga harganya. Untuk menemukan kertas yang cocok, komunikasi via sms dan email pun berlangsung panjang.

undangan nikah adik
undangan nikah adik

Yang tak kalah penting adalah harga undangan. Desain yang diinginkan juga harus disesuaikan dengan budget. Mengawinkan kedua hal tersebut juga terjadi tarik ulur. Namanya calon pengantin pasti maunya, yang bagus, istimewa agar berkesan dan kalau bisa harganya juga bersahabat di kantong. Ini sempat membuat saya pusing tujuh keliling.

kenangan desember lalu
kenangan desember lalu

Setelah desain dan harga cocok proses selanjutnya adalah menunggu proses cetak yang memakan waktu dua minggu. Belum lagi, saya harus kirim undangan ke rumah orangtua. Lha kok? Iya, ceritanya saya dan orangtua tinggal di kota berbeda, saya mendapat tugas untuk mengurusi undangan. Saya pikir daripada saya bolak-balik ke rumah orangtua yang jauh jaraknya yang pastinya memakan waktu, energi dan uang yang tidak sedikit maka saya putuskan untuk memesan undangan di kota tempat saya menetap.

Undangan jadi masih ada proses lain yaitu pengiriman ke rumah orangtua. Untuk kepraktisan maka saya meminta agar percetakan itu langsung mengirimnya, setelah undangan jadi sehingga saya tinggal mengganti ongkos kirim. Selesai persoalan? ternyata belum. Entah karena penataan undangan yang kurang rapi atau terkena goncangan saat proses kirim, beberapa undangan ada yang terlipat. Duh, sayang banget.

Demikianlah kerepotan yang saya alami. Ternyata ada cara yang mudah, murah dan tidak ribet tapi hasilnya keren. Saya baru tahu kalau ada wedding invitation online di Datangya.com. Jadi, Datangya.com memberikan layanan pembuatan undangan online dalam bentuk website.

Tadinya saya pikir, ini bakalan muahaaal, bagaimana tidak, website gitu lho?. Jasa pembuatan website kan biayanya jutaan untuk sewa hosting dan domain, desainnya, dan segala pernak-pernik plugin yang harus di buat. Wow, ternyata di Datangya.com tidak seperti itu, pokoknya 6T banget dah.

1.Tidak Pakai Ribet

Tidak ada yang ribet, semua mudah dengan undangan online. Cukup dengan 4 langka mudah maka undangan yang kita inginkan bisa selesai.  Kita tinggal, registrasi disini, memilih tema , mengatur fitur dan selesai itu undangan.

2.Tidak Pakai Lama

4 langkah mudah tadi hanya membutuhkan waktu 15-20 menit saja. Serius? serius banget, beda sama undangan konvensional yang proses desain dan cetaknya memakan waktu berminggu-minggu bahkan lebih jika banyak antriannya. Huhuhu, benar-benar membuat kita harap-harap cemas.

3.Tidak Pakai Mahal

Sama sekali tidak mahal untuk jumlah undangan yang jumlahnya tak terbatas. Cukup dengan Rp.250.000 saja maka kita sudah bisa mendapatkan undangan yang banyaknya terserah kita. Bandingkan dengan undangan, untuk 450 undangan adik saya, kami harus mengeluarkan budget Rp.1.500.000. Ini belum termasuk undangan yang lebih murah untuk tetangga di sekitar rumah.  Wuih beda jauh ya, yang konvesional cuma dapat 450 pcs sedangan undangan online terserah kita mau seberapa banyak.

4.Tidak Pakai Kertas

Undangan pernikahan online tidak pakai kertas (paperless), cocok banget nih dengan kampanye Go Green. Seperti kita tahu sumber bahan baku kertas adalah dari pohon. Semakin banyak kertas yang kita pakai otomatis semakin banyak pula pohon yang ditebang. Dampaknya, tentu pada kerusakan lingkungan hidup yang kita tempati. Ayo, mulai gaya hidup go green melalui hal yang sederhana seperti ini.

5.Tidak Jadi Nikah, Uang Kembali

datangya.com -nikah batal uang kembali

Wah kalau yang ini tentu tidak diharapkan oleh siapapun ya. Namun jika ternyata pernikahan yang telah direncanakan sedemikianrupa akhirnya harus batal karena takdir berbicara maka tidak perlu kawatir uang dijamin kembali. Bandingkan dengan undangan konvensional jika sudah tercetak dan ternyata pernikahan batal. Duh, sayang banget kan uangnya. Semoga ini tidak menimpa kalian semua ya.

6.Tapi, Kereeeen

ini dia hasilnya
ini dia hasilnya
atau yang ini
atau yang ini

Meskipun mudah, cepat, murah, dan tidak pakai kertas tapi kualitasnya dijamin keren. Ini karena Datangya.com memberi  banyak pilihan fitur yang bisa dipilih sesuai selera kita. Pilihannya antara lain:

  • Slider Foto, maks. 5, menampilkan foto pre wedding
  • Resepsi, menampilkan informasi acara pernikahan
  • Peta dan denah lokasi pernikahan
  • Keluarga Besar, daftar nama keluarga yang turut serta mengundang
  • Love Story, berisi kisah cinta calon pengantin
  • Buku Tamu
  • Background Music
  • Special Invite to Email
  • Special Invite to Facebook
  • Theme, pilihannya beragam bisa dilihat disini
  • Mobile Theme
  • Share Social Media dll,
    Info lengkapnya bisa dilihat disini

Bagi yang belum mau nikah atau siapapun yang ingin dapat uang bisa bergabung dengan Datangya.com, bisa sebagai reseler atau bagi yang bisa desain grafis bisa bergabung sebagai desainer. Dan bagi yang mau menikah, ada pilihan lain yang oke selain jenis undangan yang sudah ada.

2 thoughts on “Undangan Pernikahan Online, 6T Banget Dah!

  1. Benar mbak Ety, saya juga pake undangan online untuk acara pernikahan saya. Cuma beda vendornya saja. Tapi jadinya sangat kreatif dan sangat memuaskan untuk portofolio pernikahan kita.

Leave a Reply

