Meditasi, Adjie Silarus dan Gaya Hidup 2013

Awalnya meditasi dikenal sebagai ritual agama tertentu atau ritual budaya tertentu. Dimana orang yang bermeditasi biasanya terlihat duduk bersila dengan mata terpejam, mengatur pernafasannya dan mengonsentrasikan pikirannya agar mendapatkan ketenangan batin. Pada perkembangannya meditasi kemudian bisa dilakukan tanpa mengaitkannya dengan ritual tertentu.

Secara sederhana meditasi bisa diartikan sebagai proses untuk mengendalikan arus pikiran kita. Sebagaimana kita rasakan bersama, pikiran kita senantiasa memikirkan banyak hal seperti beban pekerjaan, ambisi atau rencana yang seringkali membuat kita berada dalam tekanan, terburu-buru dan kesibukan yang padat. Nah, meditasi membantu seseorang agar lebih tenang dalam berfikir dan bertindak.

Tak heran jika banyak yang melakukan meditasi sebagai cara agar bisa mengusir stres dan menjadikannya sebagai gaya hidup. Trend ini akan terus menaik melihat tingginya tekanan hidup di jaman sekarang.

Prof. Jon Kabat-Zin seorang pakar meditasi dari MIT (Massachussets Intsitute Of Technologi) mengatakan, Whenever You Go, There You Are. Meditasi akan memandu sesorang menuju jalan terbaik yang harus dilalui dan memberi pengaruh positif kepada keadaan di masa depan. Bagaimanapun buruknya masa lalu kita, seberapa banyak luka yang telah tertoreh, dan seberat apa masalah yang menimpa, meditasi membuat kita percaya bahwa masa depan kita akan cerah. Apapun persoalan hidup dan apa yang berhasil atau belum berhasil kita raih tidak akan berpengaruh pada besar pada sikap kita. Meditasi membuat siapapun yang sukses tetap rendah hati dan siapapun yang gagal tetap kuat hati untuk melangkah.

Meditasi ternyata tidak hanya bisa dilakukan dengan duduk bersila dan mata terpejam seperti yang biasa kita lihat di film-film itu. Meditasi bisa dilakukan disela-sela aktifitas kita. Intinya kita harus fokus dan sadar. Ketika kita sedang makan, lakukan dengan sadar bahwa kita sedang makan sehingga makanan apapun yang terhidang akan terasa nikmat. Ketika pikiran kita tenang maka akan lebih mudah bagi kita menikmati hidup.

Meditasi adalah aktifitas menenangkan pikiran dan kesadaran kita. Meditasi dilakukan dengan teknis pernapasan. Ternyata aktifitas bernapas berhubungan dengan kinerja otak.  Pernapasan yang teratur, pelan dan lembut secara langsung menenangkan tubuh dan pikiran kita. Gelombang otak saat meditasi (kondisi delta) akan lebih tenang dibanding pada saat terbangun (kondisi beta).

Adalah seorang Adjie Silarus yang telah berhasil mencapai kondisi terbaiknya dengan melakukan meditasi. Awalnya meditasi dilakukan untuk terapi dirinya. Masa lalunya yang berat telah menjadi titik balik kebangkitannya. Meditasi telah menjadi gaya hidupnya. Meditasi juga telah membuatnya aktif mengisi seminar di berbagai kota. Bersama Indscript Creative melalui Personal Branding Agency, beliau siap melesat menjadikan Anda sebagai meditator yang ingin mencapai kondisi delta.

Anda tertarik menjadikan meditasi sebagai gaya hidup? Jika ya, lakukanlah maka Anda akan memegang kendali penuh atas diri dan hidup Anda.

2 thoughts on “Meditasi, Adjie Silarus dan Gaya Hidup 2013

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s