Kulit Sehat dan Cerah, Berkat Perawatan Malam Hari

Memiliki kulit yang sehat dan cerah adalah dambaan setiap wanita. Kulit yang sehat dan cerah akan menunjang penampilan fisik seorang wanita. Kulit yang sehat dan cerah juga merupakan awal dari kulit yang cantik. Kulit yang sehat adalah kulit yang terbebas dari segala macam penyakit kulit. Sedangkan kulit yang cerah artinya tidak kusam. Cerah bukan berarti harus putih lho. Kulit gelap pun bisa terlihat cerah ketika kulit tersebut sehat dan tidak kusam.

kulit sehat gambar diambil dari : klikdokter.com

Menurut dr Maria, seorang konsultan kecantikan di sebuah klinik mengatakan, kulit sehat bisa dilihat dari ciri -ciri seperti pori-pori kulit tidak terlalu besar,kulit kencang, halus,kenyal,tidak berjerawat,tidak ada kerut(kecuali kerut pada orangtua), tidak kusam dan bersih.

Para wanita jaman dahulu telah mempunyai resep perawatan kulit yang diyakini mampu membuat kulit sehat dan cerah. Dimulai dari seorang Ratu yang tersohor karena kecantikkannya yaitu Cleopatra. Ratu Cleopatra diketahui senang melakukan perawatan kulit tubuh, seperti mandi susu. Bahan-bahan alami seperti aloe vera (lidah buaya) juga digunakan agar bisa mendapatkan kecantikan yang diinginkannya.

Di Indonesia para putri keraton juga diketahui rajin merawat kulit tubuh dengan ramuan tradisional. Mereka melakukan perawatan dari dalam dengan mengkonsumsi jamu dan melakukan lulur untuk merawat kulit tubuh mereka. Bahan tradisional seperti mangir,  telah dikenal memiliki khasiat untuk mengangkat sel kulit mati, memberi keharuman yang khas dan mencerahkan kulit. Wajar, jika para putri keraton memiliki kulit halus dan cerah.

Di negara Jepang, ada juga bahan tradisional yang biasa di gunakan untuk merawat kulit yaitu beras jepang. Wanita Jepang memanfaatkan beras jepang untuk melembabkan dan mencerahkan kulit. Seperti diketahui beras jepang dikenal mengandung minyak squalane yang tinggi.Di negara Perancis, buah dan biji delima juga digunakan sebagai masker untuk mendapatkan kulit yang cerah.Di Rusia, para wanitanya dikenal suka memakai kopi sebagai lulur. Lulur kopi ini diyakini akan membuat kulit cerah bersinar.

Untuk mendapatkan kulit yang sehat dan cerah, memang diperlukan perawatan secara intensif. Perawatan dasar seperti mandi dua kali sehari tidak boleh dilewatkan. Bagaimana mungkin kulit akan sehat jika jarang mandi. Selain kotoran menumpuk di kulit, tidak mandi membuat badan berbau tidak sedap. Kuman-kuman pasti senang tinggal di kulit yang jarang dimandikan. Jika sudah begitu penyakit akan mudah menyerang kulit kita.

Selain itu diperlukan juga perawatan dari dalam dengan mengkonsumsi makanan yang sehat. Bahan makanan yang mengandung vitamin A untuk mencegah kekeringan pada kulit, vitamin C dan E sebagai antioksidan. Vitamin A,C, dan E diyakini mampu memberikan nutrisi pada kulit sehingga kulit akan halus dan cerah. Jamu tradisional juga bisa dikonsumsi untuk mendapatkan kesehatan dan kecantikan kulit yang paripurna. Jamu adalah salah satu rahasia kecantikan putri keraton yang telah terbukti khasiatnya.

Mengkonsumsi makanan yang bernutrisi juga harus ditunjang dengan olahraga secara teratur. Olahraga akan membuat sirkulasi darah didalam tubuh akan lancar. Hal tersebut akan berdampak pada penyerapan nutrisi secara optimal oleh kulit. Coba deh, perhatikan ketika habis berolahraga, tubuh akan berkeringat dan kulit akan terlihat lebih segar, kencang dan cerah. Hal ini dikarenakan olahraga selain membugarkan tubuh juga mampu menarik otot tubuh supaya tidak kendur.

Selain perawatan dari dalam, dibutuhkan juga perawatan luar dengan memakai kosmetika untuk kulit tubuh. Jika wanita jaman dulu harus meracik sendiri bahan-bahan tradisional untuk merawat kulitnya, maka wanita jaman sekarang tidak perlu repot seperti itu. Kini telah banyak produk kosmetika untuk perawatan kulit beredar di pasaran. Tinggal pilih yang cocok untuk kulit dan langsung bisa mengoleskan dikulitnya. Praktis dan hemat waktu bukan?

Sementara itu kosmetika untuk perawatan kulit tubuh biasanya berupa lulur,body scrub dan body lotion. Lulur dan body scrub bermanfaat untuk mengangkat sel-sel kulit yang mati dan memberi keharuman pada tubuh. Body Lotion berfungsi sebagai pelembab kulit. Sehingga kulit menjadi lembab dan halus jika rutin memakainya.

Pelembab yang terdapat dalam body lotion berfungsi untuk mengikat air yang ada pada lapisan kulit. Dengan demikian kadar air yang terjaga akan mampu membuat kulit senantiasa lembab. Kulit yang terjaga kelembabannya akan terhindar dari dehidrasi yang dapat membuat kulit jadi keriput. Seperti diketahui paparan sinar matahari yang mengandung sinar UV dan berbagai polusi telah membuat pelembab alami tubuh banyak berkurang sehingga kulit menjadi kering. Kulit yang merupakan lapisan terluar tubuh merupakan bagian yang paling cepat kehilangan cairan. Pelembab diyakini bisa mencegah hal ini terjadi.

Namun cara pemakaian pelembab yang tidak tepat akan membuat kulit tidak menerima manfaat secara maksimal. Ada saat dimana pelembab akan bekerja maksimal mengikat kadar air dalam lapisan kulit. Saat itu adalah sehabis mandi. Saat ini kadar air dalam lapisan kulit masih tinggi. Jika pelembab dioleskan saat tersebut maka pelembab akan mengikat kadar air dalam kulit dan akan mampu mempertahankan kelembaban kulit.

Saat akan beraktifitas diluar ruangan maupun diruangan yang ber AC maka sebaiknya memakai pelembab. Di luar ruangan kulit akan terpapar matahari maka sebaiknya memakai pelembab dengan tabir surya. Sedangkan diruangan ber AC biasanya kulit menjadi cepat kering maka memakai pelembab adalah langkah tepat agar kulit bisa tetap lembab.

Cara mengoleskan pelembab juga harus searah jarum jam. Hal ini berguna untuk melancarkan peredaran darah. Lancarnya peredaran darah akan membuat pelembab terserap maksimal.

Golden Moment

Ada satu masa dimana merupakan saat-saat emas (golden moment) bagi kulit untuk bisa menerima manfaat pelembab secara maksimal. Golden Moment itu adalah malam hari ketika tidur. Mengapa demikian?

rumahwanita.com

Pada waktu malam hari kulit paling banyak kehilangan kelembabannya hingga mencapai 25%. Hal tersebut disebabkan oleh aktifitas pembelahan sel-sel tubuh. Pembelahan sel itu bermanfaat untuk memperbaiki sel-sel yang rusak dan membangun sel yang baru. Saat kehilangan kelembaban itulah diperlukan pelembab yang bisa membantu agar kulit tidak semakin kering ketika proses regenerasi sel sedang berlangsung. Disinilah letak pentingnya perawatan kulit tubuh malam hari dengan memakai pelembab kulit. Dengan rutin memakai pelembab saat malam hari maka kulit akan terjaga kelembabannya.

Saat regenerasi sel sedang berlangsung, usahakan kita sedang tidur atau paling tidak dalam kondisi rileks. Sehingga regenerasi dapat berlangsung dengan baik dan akan membuat kulit menjadi cerah. Jadi usahakan tidur sebelum pukul 22.00 karena saat ini terjadi regenerasi sel secara besar-besaran. Jika kita tidak dalam kondisi tidur atau rileks pada saat regenerasi sel sedang berlangsung maka regenerasi sel menjadi terhambat bahkan tidak terjadi regenerasi sel. Hal ini mengakibatkan kulit menjadi kusam dan cepat berkerut.

Ini juga yang menjadi alasan mengapa mengoleskan pelembab sebelum tidur itu penting. Jika ingin kulit sehat dan cerah maka oleskan pelembab sebelum tidur dan tidurlah sebelum pukul 22.00. Hindari begadang, karena tidak baik untuk kesehatan badan termasuk kulit. Lebih baik tidur lebih awal dan bangun lebih awal pula supaya saat golden moment tidak terlewatkan tanpa regenerasi kulit.

Pilih-pilih pelembab

Menurut dr Eddy Karta Spkk, ada tiga macam pelembab kulit yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan yaitu:

Petroleum Jelly, memiliki kandungan minyak yang banyak sehingga ketika dioleskan di kulit akan terasa lengket. Minyak yang banyak akan membuat keringat sulit untuk keluar sehingga bisa menimbulkan komedo.

Body Lotion, memiliki kandungan minyak yang sedikit. Jenis ini tepat digunakan diiklim tropis. Selain itu cocok pula digunakan untuk semua jenis kulit.

Body Butter, memiliki kandungan minyak lebih sedikit jika dibandingkan dengan petroleum jelly dan lebih banyak dibandingkan dengan body lotion. Jika digunakan akan terasa agak lengket.

Memilih pelembab yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan kulit adalah hal yang harus dilakukan. Hal ini disebabkan karena masing-masing orang memiliki jenis kulit yang berbeda sehingga kebutuhannya pun berbeda.

Selain jenis pelembab, ada satu hal yang baik untuk dipertimbangkan berkaitan dengan pentingnya merawat kulit dengan pelembab pada malam hari, yaitu memilih pelembab yang memang secara khusus diformulasikan untuk perawatan malam hari.

Satu produk pelembab kulit yang bisa dijadikan pilihan yaitu Citra Night Whitening.

Golden Ingridients

Citra Night Whitening mengandung minyak biji anggur dan mulberry. Dua bahan alami yang berkhasiat menghaluskan dan mencerahkan kulit.

rumahcantikcitra.co.id
rumahcantikcitra.co.id

Minyak biji anggur atau grapeseed oil berasal dari biji buah anggur. Minyak biji anggur adalah produk samping dari pembuatan wine yang dimanfaatkan sebagai bahan kosmetika.

Minyak biji anggur mengandung antioksidan yang bernama OPC (Oligomeric Proantho Cyanidin). OPC dalam biji anggur banyak mengandung kolagen yang bermanfaat dalam pembentukan sel dan jaringan epidermis dan jaringan ikat pada kulit. Dimana sel kulit mati, tua dan rusak digantikan dengan sel yang baru. Selain itu antioksidan semacam OPC adalah senjata ampuh melawan radikal bebas yang menyebabkan penuaan dini.

grapeseed oil gambar diambil dari id-id.facebook.com

Minyak biji anggur juga mengandung linoleic acid, yang bermanfaat dalam proses regenerasi kulit sehingga kulit akan halus dan awet muda.

Sedangkan Buah mulberry mengandung zat-zat seperti organic acid, karoten, flavonoids, vitamin, dan pectin yang mampu mengembalikan kelembaban dan menyegarkan kulit yang lelah dan kusam. Selain itu mulberry mengandung Zat Arbutin memiliki kemampuan menghambat pertumbuhan pigmen kulit (melanin) sehingga kulit menjadi cerah. Fungsinya sebagai pencerah kulit membuat arbutin bisa menggantikan fungsi merkuri atau hidroquinon.

Mulberry gambar diambil dari : indonesianvolunteer.wordpress.com

Melihat manfaat yang didapat oleh kulit dari minyak biji anggur dan mulberry maka layaklah jika kedua bahan ini di sebut sebagai Golden Ingriedients.

Alasan itu pula yang membuat Citra kemudian meramu golden ingredients menjadi Citra Night Whitening. Inovasi terbaru dari Citra tentu akan memberi manfaat kepada wanita Indonesia.

Selain inovasi produk, Citra juga melakukan inovasi pelayanan. Melalui Rumah Cantik Citra, wanita Indonesia dimanjakan dalam melakukan perawatan kulit. Rumah Cantik Citra mengusung tema pusat perawatan kecantikan luar dalam. Melakukan perawatan di Rumah Cantik Citra serasa berada di ‘keputren’ atau tempat para permasuri,selir ataupun putri raja tinggal. Di Rumah Cantik Citra kita bisa melakukan message baik wajah maupun tubuh secara paripurna.

Dengan hanya membeli paket produk Citra maka kita bisa mendapatkan perawatan tubuh di Rumah Cantik Citra.

Penting Namun Kerap Terabaikan

Selain bisa melakukan perawatan kulit di Rumah Cantik Citra, kita juga bisa melakukan perawatan kulit di rumah masing-masing.Fakta yang telah dibahas tadi menunjukkan betapa pentingnya melakukan perawatan kulit tubuh malam hari dengan pelembab. Namun sudahkah kita semua melakukannya?

Wah, bagian yang satu ini langsung membuat saya harus menutup muka karena malu. Apa sebab? Saya termasuk yang belum secara konsisten melakukan perawatan kulit tubuh malam hari dengan memakai pelembab.

Alasannya sih boleh dibilang klise. Apalagi kalau bukan lupa dan repot. Setelah seharian beraktifitas dengan segudang tugas rumahtangga, badan saya tentu butuh segera diistirahatkan ketika malam tiba. Ketika anak-anak sudah terlelap dalam tidurnya maka biasanya saya juga ingin cepat-cepat tidur. Boro-boro sempat mengoleskan pelembab. Padahal saya juga ingin memiliki kulit sehat dan cerah. Walau penting, namun saya masih mengabaikannya. Bagaimana dengan anda?

Setelah mengetahui pentingnya perawatan kulit tubuh malam hari maka saya pun ingin melakukannya. Kabar baiknya sekarang ada produk yang memang khusus diformulasikan untuk perawatan malam hari yaitu Citra Night Whitening. Perpaduan Golden Ingridients yang dipakai saat Golden Moment tentu akan membuat kulit kita sehat dan cerah. Kulit sehat dan cerah akan tampak halus,kencang, dan awet muda.

Mudah-mudahan setelah rutin melakukan perawatan maka saya dan anda akan memiliki kulit yang sehat juga. Siapa sih yang tidak berbunga-bunga ketika dibilang: Wah, kamu kok awet muda ya!. Apa sih rahasianya, kok kulitmu tidak kusam?.

Jadi mulai sekarang jangan lewatkan tidur malam tanpa pelembab kulit ya!

Tulisan ini diikutsertakan dalam Lomba Blog Citra Night whitening kerjasama Blogdetik dan PT.Unilever.

Sumber:
http://www.rumahcantikcitra.co.id/cms/node/9

http://www.rumahcantikcitra,co.id/cms/rangkaian_citra-handbody-night-whitening

http://jogya.tribunnews.com/m/index.php/2011/02/07/ini-lho-ciri-ciri-kulit-sehat

http://www.farmasiku.com/index.php?target=pages&page_id=Seputar_Kulit_Dan_Perawatannya

http://www.dailyglow.com/the-benefits-of-grapeseed-oil-for-your-skin.html

http://www.tribunnews.com/2012/09/25/bingung-pilih-pelembab-kulit-begini-panduannya

http://www.suarakarya-online.com/news.html=125656

http://m.wolipop.detik.com/read/2011/04/16/134358/1618791/234/tips-memaksimalkan-manfaat-pelembab-pada-kulit

http:/www.tribunnews.com/2012/09/25/tak-mau-kulit-kusam-jangan-tidur-lewat-jam-22.00

http://www.pangkalanunik.com/2012/09/rahasia-kecantikan-perempuan-di-berbagai-negara.html?m=1

http://www.deliciuos-skin.com/gourmet-skincare-ingredients/fresh-natural-mulberry.html#

http://www.perventionindonesia.com/article.php?name=fruits-for-your-glowing-skin&chanel=nutrition_and_recipes%2Fpower_food

http://female.kompas.com/read/2011/07/30/10525713/Kunjungi.Rumah.Cantik.Citra.yang.Baru

15 thoughts on “Kulit Sehat dan Cerah, Berkat Perawatan Malam Hari

  1. Terimakasih atas infonya yang sangat menarik🙂
    Melakukan perawatan tubuh memang sangat pebnting, terutama bagi wanita. Wanita memang mendambakan kulit cantik dan sehat. Wajar bila wanita senang berlama-lama di kamar mandi atau di salon untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Namun dengan semakin maraknya produk-produk kecantikan seperti krim-krim pemutih yang belum terjamin keamanannya, banyak wanita yang sudah mencoba dan justru mendapatkan hasil yang tidak sesuai dengan keinginan. Hasilnya justru terkadang menjadi kemerahan, bukan kulit cerah yang didapat. Melakukan perawatan dengan bahan alami, atau dengan kosmetik yang mengandung bahan alami, tentu lebih aman bagi kesehatan kulit, baik jangka pendek maupun jangka panjang.

  2. berkat hambody citra Night Whitening Mulberry & Minyak Biji Anggur Kulit Saya Menjadi Kencang & Putih dan membuat saya untuk menjadi percaya diri ..🙂 dan berkat citra night whitening saya jadi tidak malu2 lagi deh untuk menjalani tahun baru ini .. dengan kulit tampak putih,cerah dan bersinar🙂
    By : Adah ,, jam 11 : 34
    Tanggal : 29-Desember-2013

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s