Susu Inovasi Halal Pilihan Tepat Untuk Buah Hati

Ketika seorang bayi dilahirkan maka sejuta harapan orangtua menyertainya. Sang Bayi diharapkan tumbuh sehat, cerdas dan berakhlak baik. Untuk itu  orangtua memberinya kebutuhan nutrisi yang sehat dan halal untuk bisa tumbuh dengan sehat dan cerdas. Selain itu diberikan pula kasih sayang dan pendidikan agama agar anak memiliki akhlak baik.

Kebutuhan nutrisi terbaik bagi bayi baru lahir adalah Air Susu Ibu (ASI). ASI mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh bayi. Tidak hanya nutrisi untuk tumbuh melainkan juga nutrisi untuk kekebalan tubuhnya. Untuk tumbuh sehat bayi memerlukan karbohidrat, protein, lemak.  omega 3 dan omega 6, kolin, yodium, zat besi, kolostrum,  karnitin, kalsium dan asam folat. Semua nutrisi ini terkandung dalam ASI.

ASI dikatakan sebagai makanan terbaik bagi bayi karena,  ASI  mudah dicerna dan diserap oleh bayi,  nutrisinya lengkap,  memberikan perlindungan bagi bayi, ASI tersedia dalam kondisi segar dan siap minum, praktis dan hemat.

Untuk bisa memiliki ketahanan tubuh yang bagus maka bayi memerlukan kolostrum. Kolostrum merupakan cairan bening kekuningan yang memiliki zat imunoglobin. Kolostrum keluar pada hari kedua hingga ketiga setelah bayi lahir. Mengingat jumlahnya yang amat terbatas maka jangan lewatkan kesempatan memberikan kolostrum demi  memperoleh tubuh bayi dengan imunitas yang baik.

ASI seharusnya diberikan secara eksklusif dari lahir hingga usia 6 bulan. Pemberian ASI secara ekslusif artinya hanya memberikan ASI saja tanpa cairan lain, vitamin, obat dan makanan padat.  Pemberian ASI eksklusif ini dimaksudkan agar bayi bisa memperoleh kesehatan yang optimal dan menghindarkannya dari alergi serta infeksi akut  seperti diare, infeksi telinga, pneumonia dan meningitis.Juga bisa menghindarkan bayi terkena diabetes militus tipe 1 dan 2 serta obesitas dikemudian hari.  Disamping itu nutrisi yang ada dalam ASI sudah mencukupi  kebutuhan bayi untuk tumbuh sehingga dia belum memerlukan minuman atau makanan lain selain ASI.

Setelah melewati masa ASI eksklusif maka pemberian ASI dilanjutkan hingga usia dua tahun. Pemberian ASI eksklusif ini telah mendapat dukungan secara formal melalui Peraturan Pemerintah (PP) nomor 33/2012 tentang Pemberian ASI Eksklusif. Kewajiban memberikan ASI Eksklusif tercantum di Pasal 6, berbunyi :

“Setiap ibu yang melahirkan harus memberikan ASI Eksklusif kepada bayi yang dilahirkannya”.

Dengan dasar hukum  ini diharapkan para ibu tidak ragu lagi dalam memberikan ASI eksklusif kepada bayinya.

Manfaat dari pemberian ASI tidak hanya diperoleh bayi namun juga bagi ibu menyusui. Pemberian ASI dapat membakar lemak, mencegah kanker payudara, kanker indung telur dan kanker rahim,  mencegah anemia, dan dapat menjadi  KB alami karena dapat menunda kesuburan. Selain itu ikatan batin diantara bayi dan ibu pun semakin kuat. Satu lagi menurut pengalaman saya adalah rasa bahagia yang tak terlukiskan ketika bayi menyusu dan saya bisa menatap sambil  mengusap keningnya. Yang ini sungguh priceless.

Demi berhasilnya kegiatan menyusui maka melalui Peraturan Menteri Negara Pemberdayaan No. 30 Tahun 2010 tentang Penerapan Langkah 10 Langkah Keberhasilan Menyusui. Dukungan kepada ibu menyusui harus diberikan oleh keluarga, tenaga kesehatan dan fasilitas kesehatan dengan tidak memberi susu formula disaat yang tidak tepat, masyarakat dengan kelompok mendukung ASI,  tempat  kerja, fasilitas umum dengan pojok ASI dan pemerintah dengan kebijakan yang mendukung pemberian ASI.

Setelah Dua Tahun

Pemberian ASI setelah dua tahun bisa dihentikan dengan menyapih. Apakah setelah itu berarti pemberian susu selesai? Tentu tidak, pemberian susu dilanjutkan dengan susu formula. Saat ini di pasaran tersedia banyak sekali susu formula. Masing-masing merek menunjukkan keunggulannya. Sebagai  konsumen kita harus berhati – hati. Sebaiknya dalam memilih susu formula dilihat dulu komposisi zat gizi yang ada di dalamnya.

Satu susu formula yang memberikan nilai gizi lengkap dengan inovasi adalah Frisian Flag. Nutrisi yang terkandung dalam susu Frisian Flag meliputi karbohidrat,  protein , lemak, vitamin A, Vitamin D, Vitamin C, Kalsium, Magnesium,  Fosfor, Vitamin B12, Ribovlafin, Niasin, Zat Besi dan Sodium.

Merek susu formula satu ini memang sudah melegenda. Sejak kecil susu formula inilah yang senantiasa diberikan oleh ibu kepada saya dan adik- adik. Setelah bertahun kemudian susu ini eksis dengan berbagai inovasi.

Jika dulu saya hanya bisa menikmati susu Frisian Flag kental manis dalam kemasan kaleng. Sekarang anak saya bisa menikmati dalam bentuk susu bubuk dan cair dengan kemasan yang menarik dan praktis. Susu kental manis Frisian Flag pun bisa ditemui dalam kemasan sachet yang lebih ekonomis.

Produk Frisian Flag yang bisa didapatkan di pasaran antara lain FF Sweetened Condensed Milk, Yes Fruity, Yes! Mut-mut, Yes!Susu, Omela, FF UHT Disney, FF Low fat High Calcium, FF Ready to Drink UHT Regular Range, FF Ready to Drink Family, FF Liquid Bottle 190 ml, FF Liquid Bottle 800 ml, FF 123 & 456, FF Full Cream Milk, FF Instant Plain Powder M, FF Full Chocolate Instant Powder, FF Full Instant Honey Powder M, FF Energo Chocolate.

Selain berinovasi dalam  tekstur dan kemasan, susu ini  juga berinovasi dalam melengkapi kandungan gizinya. Salah satu inovasi adalah adanya zat Isomaltulosa, yang terdapat dalam susu Frisian Flag 123 dan 456. Zat Isomaltulosa adalah nutrisi berbasis karbohidrat yang bermanfaat untuk meningkatkan kerja kognitif anak terutama untuk konsentrasi dan daya ingat.  Paduan gizi lengkap dan seimbang dan inovasi ini tentu sangat berguna dalam mencapai pertumbuhan anak yang optimal dari usia 1 hingga 6 tahun.

Harus halal

Sebagai konsumen muslim memilih produk minuman dan makanan harus halal. Ini kriteria nomor satu. Apalah artinya susu dengan zat gizi terbaik namun tidak halal. Secara kesehatan susu tersebut mampu memberikan efek yang optimal namun secara syar’i tidak bisa memberikan keberkahan. Kriteria halal  itu wajib.

Seperti yang telah diperintahkan dalam Al Quran Surat Al Baqoroh Ayat 168 yang artinya

“Hai sekalian manusia, makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di bumi”

Susu Frissian Flag ini telah mendapatkan sertifikat halal dari  LPPOM MUI sebagai Lembaga Resmi yang mengawasi kehalalan produk makanan, minuman dan kosmetik. Dengan adanya sertifikat halal maka susu ini layak dijadikan pilihan bagi  umat muslim.

Hal yang harus diperhatikan saat memberikan susu formula:

  • halal, artinya tidak mengandung zat yang dilarang dalam agama.
  • tepat waktu, artinya pemberian susu formula hingga pemberian ASI tuntas dilaksanakan.
  • tepat gizi, artinya zat gizi yang dibutuhan untuk pertumbuhan terpenuhi
  • tepat takaran, dalam memberikan susu formula harus sesuai takaran yang dianjurkan  agar tidak  menimbulkan obesitas.
  • higienis, proses pembuatannya dan penyeduhannya serta peralatan harus steril  seperti botol susu juga harus steril.

Susu Frisian Flag telah memberikan inovasi yang bermanfaat bagi kesehatan dan pertumbuhan anak. Susu Frisian Flag juga telah mendapat sertifikat halal dari MUI. Dengan demikian susu inovasi yang sehat dan halal untuk pertumbuhan anak ini adalah   pilihan tepat untuk buah hati kita.

Tulisan ini diikutsertakan dalam Kontes Blog “Halal Is My Life” yang diselenggrakan oleh BLOGdetik bekerjasama dengan LPPOM MUI dan Frisian Flag.

Sumber:

Ayahbunda Seri “Makanan Untuk Tumbuh Kembang Otak”

http://www.frisianflag.com/id/ruang-media/berita-umum/6213

http://www.ibudanbalita.com/pojokcerdas/asi-untuk-bayi

http://health.detik.com/read/2012/04/03/100136/1883596/775/kenapa-asi-eksklusif-wajib-diberikan-selama-6-bulan

http://www.frisianflag.com/id/produk/info-produk

http://www.frisianflag.com/id/tentang-susu/nilai-gizi/1383-nilai-gizi

http://qurandansunnah.wordpress.com/2009/11/30/lengkap-mengetahui-makanan-haram-dan-halal/

http://aimi-asi.org/peraturan/

6 thoughts on “Susu Inovasi Halal Pilihan Tepat Untuk Buah Hati

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s