Melestarikan Motif Batik Indonesia

Batik Indonesia telah lama dikenal sebagai warisan budaya yang memiliki nilai filosofi dan seni yang tinggi. Hal ini juga diakui oleh Unesco, sehingga Batik Indonesia kemudian ditetapkan sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya dan Nonbendawi. Penghargaan ini tentu membanggakan bagi kita.

Keberadaan Batik Indonesia tetap lestari hingga kini berkat keluhuran budi nenek moyang kita. Mereka mewariskan keterampilan membatik secara turun-temurun. Keluhuran budi dari nenek moyang kita juga ditunjukan melalui makna yang terkandung dalam setiap motif pada kain batik.

Batik diyakini berasal dari Pulau Jawa meskipun tak ada catatan tertulis mengenai ini. Kata batik sendiri berasal dari Bahasa Jawa yaitu “amba” yang artinya menulis dan “titik” yang artinya titik. Kegiatan membatik memang menulis rangkaian titik-titik pada kain dengan menggunakan canting sehingga membentuk motif yang indah. Teknik membatik seperti ini menghasilkan batik tulis yang merupakan cikal bakal batik yang ada sekarang ini.

Batik pada awalnya berasal dari keraton pada Jaman Majapahit hingga Mataram sehingga muncul istilah Batik Keraton. Batik Keraton memiliki motif tertentu yang disakralkan, artinya motif-motif tersebut hanya boleh dipakai oleh kalangan keraton saja. Selain Batik Keraton berkembang pula Batik Pesisir. Motif Batik Pesisir dipengaruhi oleh para pendatang seperti pedagang dari Cina maupun penjajah Belanda.

Batik  akhirnya berkembang pesat dan menyebar luas. Sekarang tidak hanya Batik Jogya dan Solo, kini kita mengenal Batik Cirebon, Batik Pekalongan, Batik Madura, Batik Banyumas, Batik Garut dan Batik Tasik sebagai batik tradisional Indonesia.

Batik Indonesia memiliki kekayaan motif yang mengagumkan. Tercatat ribuan motif batik telah dihasilkan oleh tangan-tangan terampil nenek moyang kita. Motif Batik Indonesia ada yang berbentuk goemetris, motif tumbuhan, motif hewan dan motif alam lainnya.

Motif Batik Indonesia yang sudah dikenal diantaranya:

sidomukti
Motif Sidomukti doc:Batik Putra Laweyan

Sidomukti, berasal dari kata “sido” yang artinya jadi/terlaksana dan kata “mukti” yang berarti  kesejahteraan dan kebahagiaan. Sidomukti mengandung makna harapan untuk mencapai kesejahteraan dan kebahagiaan. Biasanya dipakai oleh sepasang pengantin.

sidoluhur
Motif Sidoluhur Doc: Batik Putra Laweyan

Sidoluhur, berasal dari kata “sido” berarti jadi/terlaksana dan “luhur” yang berarti tinggi. Mengandung makna harapan untuk mencapai kedudukan yang tinggi dan menjadi panutan masyarakat.

sidoasih
Motif Sidoasih Doc: Batik Putra Laweyan

Sidoasih, mengandung makna agar tumbuh rasa saling mengasihi dan menyayangi.

semen rama
Motif Semen Rama Doc: Ubatik's

Semenrama, menggambarkan kehidupan yang penuh kemakmuran. Bentuk ornamennya meliputi tumbuhan, hewan darat, burung garuda dan hewan air seperti  ikan dan katak.

sekar jagad
Motif Sekarjagad Doc: Ubatik's

Sekarjagad, memiliki makna peta dunia berasal dari kata “kar” yang artinya peta dan “jagad” yang artinya dunia. Mengandung makna yang memakai batik ini akan mampu menaklukan dunia. Keunikan dari Sekarjagad adalah adanya beraneka motif dalam selembar kain.

kawung
Motif Kawung Doc: Batik Putra Laweyan

Kawung, motif ini berbentuk bulatan yang mirip buah kawung (sejenis kelapa) yang disusun secara geometris. Ada pula yang menganggap sebagai gambar bunga teratai dengan empat kelopak yang merekah. Mengandung makna kesucian dan panjang umur.

truntum
Motif Truntum Doc: Batik Putra Laweyan

Truntum, memiliki makna cinta kasih yang tumbuh dan bersemi kembali. Biasanya dipakai oleh orangtua pengantin. Motif batik ini merupakan hasil karya dari Kanjeng Ratu Beruk, Permaisuri dari Paku Buwono III. Truntum juga memiliki makna orangtua yang memberi tuntunan kepada pengantin dalam menjalani kehidupan.

parangkusumo
Motif Parangkusumo Doc: Batik Putra Laweyan

Parang, merupakan jenis batik keraton. Parang berarti senjata yang biasa digunakan dalam peperangan. Besar kecilnya motif parang pada kain batik menunjukkan tinggi rendahnya kedudukan orang tersebut.

Motif batik lainnya seperti Babonangrem, Pringgondani, Udanliris, Wahyu Tumurun, Bondhet, Mega Mendung dan masih banyak lagi. Sebagian motif batik tradisional ada yang sudah tidak bisa dijumpai lagi.

Selama ini banyak diantara kita juga belum tahu mengenai motif-motif Batik Indonesia. Meskipun baju batik sering digunakan oleh banyak orang namun belum tentu si pemakai tahu akan motif batik pada baju yang dikenakannya. Ini sebuah ironi, bagaimana batik bisa lestari jika kita tidak memiliki pengetahuan tentang motif batik.

Menumbuhkan kecintaan terhadap batik dan rasa memiliki terhadap batik sebagai warisan budaya harus ditumbuhkan melalui pengetahuan mengenai sejarah, cara pembuatan, dan mengenal beragam motif batik.

Upaya Melestarikan Motif Batik Indonesia

Harus ada upaya agar motif batik bisa diketahui oleh setiap pemakai produk batik. Dapat dilakukan dengan cara mewajibkan pencantuman nama motif batik pada setiap produk batik baik kain, baju, tas, maupun yang lainnya. Label harus dibuat tahan lama. Hal ini dimaksudkan agar setiap pemakai batik tahu akan motif batik tersebut.

Cara ini diharapkan mampu membuat orang semakin mengenal motif-motif Batik Indonesia. Dengan mengenal maka rasa cinta dan memiliki akan tumbuh. Hal ini akan mendorong upaya untuk bisa mewariskan batik secara turun temurun kepada setiap  generasi.

Tulisan ini diikutkan dalam Lomba Blog  Entri bertema “Batik Indonesia” kerjasama Blogfam dengan http://www.batikindonesia.com

Sumber:

Batik, Wikipedia Indonesia

Batik Putra Laweyan

Ubatik’s blog

3 thoughts on “Melestarikan Motif Batik Indonesia

  1. Salam SUKSES untuk kita semua.
    Batik is Amazing!!! apalagi kalo udah punya baju atau batik sendiri.

    agan/sist yg terhormat, kami dari pemegang merk dagang Batik aqila Menyediakan berbagai Produk BATIK murah dan berkualitas.

    silahkan kunjungi kami di toko online kami http://www.kaosbatikpekalongan.wordpress.com
    Batik Aqila For Smart Fashion
    Kepuasan Anda berbelanja di tempat kami, adalah kebanggaan bagi kami.

    BAJU BATIK – ANEKA batik-BAJU batik – KEMEJA batik – kaos BATIK – batik SARIMBIT- TOPI batik – CELANA batik – BLOUSE batik – JAKET batik – JUAL batik – batik MURAH – GROSIR batik – PAKAIAN batik – ACCESSORIS batik – batik PEKALONGAN
    JUAL macam-macam baju BATIK, TOPI, KAOS, BAJU, KEMEJA, CELANA, PAKAIAN, HARGA MURAH DAN GROSIR, terima PARTAI BESAR DAN KECIL

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s