Ketika Anak Sulit Diatur (Review Buku)

@etydoc

Judul Buku      : 37 Perilaku Orang Tua yang Menghasilkan Perilaku Buruk pada Anak

Penulis             : Ayah Edi

Jml Halaman   : 120 halaman

Penerbit           : Grassindo

Pernah nggak sebagai orangtua, kita mengeluh,”Aduh, kok anakku susah banget disuruh belajar, maunya main melulu, mana sekarang suka membantah lagi”! atau gerutuan-gerutuan yang lain. Sebagai orangtua kita semua tentu menginginkan anak-anak kita menjadi anak yang baik,penurut,memiliki masa depan yang bagus. Untuk mencapainya ternyata tidak selalu mudah. Apalagi jka tidak tahu ilmunya.

Anak-anak adalah manusia yang sedang mengalami perkembangan baik fisik maupun mental secara terus menerus. Orangtua harus memahami setiap tahap perkembangan anaknya. Jika tidak maka sulit untuk bisa membuat anak menurut terhadap apa yang orangtua inginkan.

Dalam kondisi seperti ini, yang harus dilakukan orangtua adalah pencari penyebabnya, kenapa anak jadi sulit diatur. Pernahkah orangtua menginstrospeksi cara mereka dalam mendidik anak? atau malah menunjuk pihak lain sebagai penyebab sikap anaknya yang sulit diatur?.

Sebaiknya para orangtua membaca buku Ayah Edy yang berjudul “37 Kebiasaan Orangtua yang Menghasilkan Perilaku Buruk pada Anak”. Jika sudah membaca buku ini maka orangtua akan menunjuk hidungnya sendiri sebagai pihak yang memiliki andil adanya perilaku buruk pada anaknya. Mengapa? karena ternyata sikap buruk anak itu muncul karena perilaku orangtua dan lingkungan yang mendidiknya.

Dalam buku ini dikupas perilaku buruk orangtua yang menyebabkan perilaku buruk anak disertai dengan cara mengatasinya. Diantara perilaku buruk itu adalah disebut dalam buku itu sebagai “Raja yang Tak Pernah Salah”. Pernah kah kejadian ini orangtua alami: anak sedang belajar jalan lalu terjatuh dan menangis atau anak sedang berlari kemudian terjatuh dan menangis. Reaksi apa yang akan dilakukan orangtua? Memukul sesuatu yang telah membuat anak terjatuh seperti, “Nakal ya kursinya,biar mama pukul kursinya”. Jika ini reaksinya maka orangtua sedang mengajarkan anak bahwa si anak tidak pernah salah. Suatu hari jika anak melakukan kesalahan maka dia tidak akan merasa bersalah karena dalam pikirannya dia selalu benar dan hal di luar dirinya lah yang salah.

http://www.jackbox.tk

Perilaku yang lain yaitu “Menakuti Anak”. Ingin menenangkan anak yang sedang merengek dan menangis tapi dengan cara menakut-nakuti atau bahkan mengancam. Seperti,”Kalau nangis terus nanti disuntik sama pak dokter lho” atau dengan mengancam, seperti “Awas kalau merengek terus, Mama panggil Pak Satpam ya biar ditangkap”. Duh,jika begini reaksi orangtua anak berfikir kalau orangtua tidak berdaya dihadapan anak karena harus menggunakan pihak lain untuk bisa menghentikan rengekan dan tangisannya. Secara tidak langsung orangtua sedang mengajak anak untuk membenci atau takut terhadap pihak yang disebut. Ini akan menyulitkan orangtua ketika misalnya anak sakit dan harus ke dokter, sementara anak sudah terlanjur menganggap dokter itu jahat dan akan menyakitinya. Anak tentu tidak akan mau diajak ke dokter, ini tentu menambah masalah baru bagi orangtua.

Pokoknya banyak hal yang dikupas di buku ini membuat kita manggut-manggut alias setuju kalau orangtua terkadang melakukan satu,dua atau bahkan semua perilaku buruk tadi. Nah, agar orangtua bisa memperbaiki perilakunya yang akan berdampak perbaikan perilaku anak sebaiknya miliki buku ini. Harganya murah, tidak mahal seperti tas import bermerk kok. Buruan! daripada menyesal nantinya, karena anak sudah terlanjur besar dan makin sulit penanganannya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s