Penuhi Kebutuhan Asam Folat

kosmo.vivanews.com

Kebutuhan nutrisi  janin agar tumbuh sehat diawali  dari masa sebelum kehamilan. Salah satu nutrisi yang penting bagi kesehatan janin adalah Asam Folat atau Vitamin B9. Asam Folat memiliki peran dalam pembentukan dan pertumbuhan sel. Diantaranya pembentukan sel darah merah. Kekurangan Asam Folat selama kehamilan dapat menghambat pembentukan sel darah merah yang menyebabkan Anemia.

Asam Folat juga berperan pada pembentukan dan perkembangan sel otak. Kecukupan Asam Folat akan menurunkan resiko bayi menderita Cacat Tabung Saraf Otak (Neural Tube Defect) yaitu kecacatan pada otak dan sumsum tulang belakang. Biasanya berupa spina bifida yaitu kelainan tulang belakang ,anensefali, dimana otak tidak berkembang, dan encephalocele,yaitu jaringan otak menonjol ke permukaan kulit.

Kebutuhan Asam Folat harus dipenuhi sejak 4 bulan sebelum kehamilan. Konsumsi 0,4 – 0,8 mg per hari dapat mencukupi kebutuhan tubuh akan Asam Folat. Kebutuhan Asam Folat dapat dipenuhi dengan mengkonsumsi sayuran hijau seperti bayam, kangkung, brokoli, kubis, sawi, dan kacang panjang. Daging dan hati juga memiliki kandungan Asam Folat. Selain itu Asam Folat terdapat pada buah antara lain jeruk, pisang, nanas, pepaya dan strowbery. Kacang-kacangan seperti kacang kedelai, almond dan kacang hijau, roti gandum juga mengandung Asam Folat.

Asam Folat atau Vitamin B9 ini memiliki sifat larut dalam air. Vitamin B9 tidak disimpan dalam tubuh, dia diserap tubuh dan kelebihannya dibuang melalui air seni. Resiko keracunan vitamin ini kecil namun resiko kekurangannya besar karena mudah larut dalam air. Vitamin ini bisa rusak bahkan hilang saat pengolahan sehingga vitamin tidak diperoleh tubuh secara maksimal.

Tips Memperoleh Asam Folat Secara Maksimal

Cuci bersih sayuran dengan air mengalir. Berguna untuk membuang kotoran dan residu pestisida. Jika perlu cuci mengunakan cairan pencuci khusus sayuran. Agar Asam Folat tidak larut dalam air, potonglah sayuran setelah dicuci.

Agar aman terutama bagi ibu hamil, maka sayuran harus dikonsumsi dalam kondisi matang. Perlu diingat dalam merebus tidak boleh terlalu lama, masukkan sayuran saat air telah mendidih dan cukup sebentar saja, tidak boleh terlalu matang. Panas yang berlebihan dapat merusak Asam Folat. Alternatif lain bisa dengan dikukus.

Hindari  mengkonsumsi alkohol karena menghambat penyerapan Asam Folat.

Konsumsi susu khusus ibu hamil. Susu ini diformulasikan mengandung Asam Folat sehingga bisa menambah kekurangan Asam Folat dari makanan yang dikonsumsi.

Jika tidak bisa minum susu maka  bisa mengkonsumsi suplemen Asam Folat. Ini harus atas petunjuk dokter. Suplemen ini bisa juga diperoleh di bidan sehingga bisa terjangkau semua kalangan.

Perbanyak konsumsi buah segar. Buah ini tidak perlu dimasak untuk mengkonsumsinya jadi Asam Folat bisa diperoleh dengan baik.

Ibu Sehat Anakpun Sehat

Perlu kesadaran bersama terutama wanita untuk menjaga kesehatan sebelum menikah. Modal sehat ini demi memperoleh kehamilan dan keturunan yang sehat. Konsumsi makanan bergizi termasuk makanan yang mengandung Asam Folat harus dilakukan. Dengan Asam Folat yang cukup ibu akan terhindar dari Anemia dan anak pun bisa terhindar dari cacat bawaan. Anak sehat berawal dari ibu yang sehat.

Artikel ini diikutsertakan dalam Lomba Blog NuB
Sumber :

Seri Ayahbunda, Kehamilan

http://www.majalahkesehatan.com/asam-folat-bagi-ibu-hamil

http://www.wikipedia.org/wiki/Asam_folat

 

 

2 thoughts on “Penuhi Kebutuhan Asam Folat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s